Wednesday 22 April 2015

Memahami perintah shell terminal linux dengan mudah

Menggunakan linux tanpa menyentuh terminal mungkin bisa jika anda hanya menggunakan linux untuk keperluan yang biasa-biasa saja. Seperti membuat dokumen, browsing, mengirim email, dan menginstall aplikasi.

Namun bagaimana jika anda ingin melakukan hal-hal yang agak diluar biasa, dan membutuhkan interaksi dengan terminal, misalnya install aplikasi. Ya bisa saja anda menginstall aplikasi tanpa harus memakai terminal, memasuki dunia hitam putih; misalnya dengan menggunakan software center atau synaptic. namun bagaimana jika software yang anda butuhkan tidak tersedia di repository nya software center dan bisa tersedia jika anda menambahkan repository PPA yang mana itu membutuhkan interaksi dengan terminal? mau tidak mau harus menggunakan terminal.

Tak begitu sulit sebenarnya untuk mempelajari perintah-perintah terminal. tutorial sudah ada banyak di internet, ebook ada banyak. Namun kali ini saya hanya akan membahas sebuah website yang bisa membantu kita memahami perintah-perintah di terminal.

explainshell.com
Dengan bantuan explainshell.com kita bisa mengetahui apa makna dari perintah terminal. misalnya anda ingin menginstall aplikasi dengan cara yang antimainstream, atau anda memang penasaran dengan terminal.

misalnya anda melihat sebuah perintah terminal entah dari mana dan anda penasaran apa maksud dari perintah itu:

cat file.txt | grep ganteng >> file2.txt

penasaran? silakan cek di explainshell.com :D
disana akan dijelaskan maksud dari perintah tersebut
screenshot:
Semoga bermanfaat
mnirfan

0 comments:

Post a Comment